15 Istilah Korea yang Perlu Anda Tahu


Ketika para sahabat Anda sudah mulai sering menggunakan istilah asing seperti daebakomo, atauhwaiting, jangan takut merasa terasing. Berikut ini kami sajikan 15 istilah K-pop dan K-drama yang perlu Anda tahu:

 

Gambar

 

1. Noona adalah istilah yang digunakan pria untuk merujuk ke wanita yang lebih tua. Dara 2NE1 (kiri) adalah kakak Thunder MBLAQ (kanan), sehingga Thunder menyebut Dara sebagai noona-nya. Dara di sisi lain, memanggil Thunder dengan sebutan dongsaeng, istilah yang bisa digunakan kepada saudara pria atau wanita yang lebih muda atau sahabat. Bagi pria yang memanggil pria lainnya yang lebih tua, mereka menggunakan istilah hyung, dan bagi wanita yang memanggil wanita lainnya yang lebih dewasa mereka menggunakan unnie.

 

Gambar

 

2. Secara teknis, oppa adalah istilah yang diucapkan wanita kepada pria yang lebih tua, yang bisa saja anggota keluarga atau seorang sahabat. Meski demikian sebutan ini juga bisa menjadi sebutan sayang wanita terhadap kekasihnya, seperti dalam “Oppa Is Just My Style” — di mana Psy (kiri) berperan sebagai kekasih personel Hyuna 4Minute (kanan).

3. Pastikan Anda menyebutnya dengan benar: Ahjumma adalah sebutan untuk wanita yang jauh lebih tua, jadi jangan memanggil wanita yang hanya sedikit lebih tua dari Anda dengan sebutan ahjumma. Hal itu juga berlaku untuk ahjussi, sebutan untuk pria yang jauh lebih tua.
 

 

Gambar

 

4. Kesopanan sangat penting dalam kebudayaan Korea. Sunbae adalah sebutan untuk senior dan hoobae untuk junior. Contohnya, Super Junior (atas) yang tampil perdana di industri K-pop pada 2005 disebut sunbae dan Shinee (bawah) yang tampil perdana tiga tahun yang lalu  disebut hoobae.

 

Gambar

 

5. Apakah Anda orang termuda dalam keluarga atau kelompok sahabat Anda? Maka Anda adalahmaknae (dari kiri ke kanan searah jarum jam) Changmin DBSK, Kyuhyun Super Junior, Seungri Big Bang, dan Minzy 2NE1 adalah maknae dalam grup mereka, meski demikian mereka tak kalah mengagumkan seperti anggota lainnya.
 
6. Hwaiting sebenarnya adalah fighting, namun karena “f” dalam pelafalan Korea tidak terdengar, maka orang Korea mengubah bunyinya menjadi dengan bunyi yang serupa, yang dalam hal ini adalah “hw”. Istilah ini digunakan untuk memberi semangat atau dukungan, rasanya menyenangkan untuk mengucapkan kata ini sebelum melakukan pekerjaan!
 
7. Daebak berati hebat, keren, mengagumkan, luar biasa, pada dasarnya untuk menyatakan sesuatu yang luar biasa.

 

Gambar

 

8. Saranghae kemungkinan adalah istilah yang paling sering digunakan para penggemar saat bertemu dengan bintang idola. Istilah itu berarti “Aku mencintaimu” dan dan bintang-bintang K-pop senang mengucapkan istilah ini sambil memberikan gerakan hati seperti yang diperlihatkan Lee Seung Gi.

 

Gambar

 

9. Tidak seperti artis-artis Amerika yang melakukan comeback setelah beberapa tahun, comebackdi Korea hanya bisa terjadi dalam beberapa bulan. Istilah ini digunakan untuk merujuk kegiatan baru yang dilakukan para artis, seperti peluncuran album baru, Exo melakukan comeback lebih dari setahun setelah mereka merilis album sebelumnya.

 

Gambar

 

10. Skinship adalah singkatan “skin-to-skin relationship”, seperti berpelukan atau berciuman. Para penggemar senang melihat pasangan bintang yang mereka “ship” (mendukung hubungan mereka) melakukan skinship, seperti Donghae dan Eunhyuk Super Junior.
 

Gambar

 

11. Selca berasal dari kata “self camera”, yang berarti mengambil foto Anda sendiri. Bintang-bintang K-pop senang melakukannya dan mengupload hasil foto di media sosial. Contohnya seperti Jaejoong JYJ.

 

Gambar

 

12. Aegyo adalah bertingkah imut. Bentuk aegyo yang sangat populer akhir-akhir ini di kalangan selebritas dan para penggemar adalah gwiyomi, seperti yang diperlihatkan Jae Joong JYJ.
 

 

Gambar

 

13. Siapa yang tidak ingin memiliki senyuman hangat? Orang Korea senang melihat idola mereka memiliki eye smile, saat mata mereka membentuk bulan sabit. (Dari kiri ke kanan, searah jarum jam) Tiffany SNSD, Seungyeon Kara, Daesung Big Bang, dan Nichkhun 2pm memiliki eye smile, yang dengan sedikit kantung mata.

14. Omo berarti “Oh my gosh” dan omona adalah variasi dari omo, dipopulerkan dalam lagu “Tell Me” Wonder Girl 2007.

 

Gambar

 

15. Jangan remehkan peran penggemar dalam karir idola mereka. Bahkan ada istilah untuk memuji mereka. Ada fan project yang dilakukan para penggemar untuk mendukung idola mereka dan fan chant yang mereka elu-elukan saat bintang idola mereka tampil. Apa yang dilakukan para bintang bagi para penggemar? Mereka melakukan fan service, seperti melakukan tanda hati atau skinship dengan anggota lainnya.

 

Credit: Yahoo Indonesia OMG!

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s